PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATANKETERAMPILANBERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TEMA PERUBAHAN IKLIM DI SMP

Saputri, Atha Yessy (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATANKETERAMPILANBERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TEMA PERUBAHAN IKLIM DI SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk mengembangkanSSP IPA Model problem Based Learningtema “Perubahan Iklim” yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis serta keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D(Research and Development)denganmenggunakan model pengembangan 4 D (define, design, develop, disseminate), yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Produk SSP IPA divalidasioleh 2 dosenahlidan 2 guru IPA.Ujicobapengembangandilakukan di SMP Negeri 4 Magelangdengansubjek 27 pesertadidik.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupalembar validasi SSP IPA, angket respon peserta didik terhadap LKPD, soal pretest-posttest(keterampilanberpikirkritisdanpemecahanmasalah), lembar observasi keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasiketerlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data hasil validasi menggunakan analisis statistik deskriptif,peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik menggunakan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SSP IPA yang dikembangkan berupasilabus, RPP, LKPD, Instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah layak digunakan dalam pembelajaran dengan kategori sangat baik.SSP yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dari kategori baik menjadi sangat baik, dan termasuk dalam peningkatan kategori sedang.SSP yang di kembangkan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dengan kategori peningkatan sedang. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, model problem based learing, subject specific pedagogy IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 10:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40256

Actions (login required)

View Item View Item