Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Trigonometri terhadap Prestasi Akademik, Toleransi, dan Kepercayaan Diri Siswa SMAN di Klaten

Wartiningsih, Krismar (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif pada Pembelajaran Trigonometri terhadap Prestasi Akademik, Toleransi, dan Kepercayaan Diri Siswa SMAN di Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-krismar-wartiningsih-09709251034.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi akademik, toleransi, dan kepercayaan diri siswa SMAN di Klaten; 2) Mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Paire-Share (TPS) dalam meningkatkan prestasi akademik, toleransi dan kepercayaan diri siswa SMAN kelas X di Klaten; 3) Menyelidiki kekonsistenan dan pengaruh model pembelalaran kooperatif tipe Jigsaw dan kooperatif tipe Think-Paire-Share (TPS) dalam meningkatkan prestasi akademik, toleransi dan kepercayaan diri siswa SMAN kelas X di Klaten; 4) Menyelidiki perbedaan model pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran dengan kooperatif tipe Think-Paire-Share (TPS) terhadap prestasi akademik, toleransi dan kepercayaan diri siswa SMAN kelas X di Klaten. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN di Klaten. Sampel penelitian diambil secara purposive (bertujuan) dengan memilih kelas secara acak. Sekolah yang dipilih sebagai sampel adalah SMAN 1 Jogonalan diberikan perlakuan dengan tipe Jigsaw dan SMAN 1 Wedi diberikan perlakuan dengan tipe TPS. Instrumen yang digunakan urituk mengumpulkan data adalah tes untuk mengukur prestasi akademik dan angket untuk mengukur toleransi dan kepercayaan diri. Untuk mengetahui efektif tidaknya tipe yang digunakan pada masing-masing variabel data dianalisis secara univariat dengan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk melihat kekonsistenan data dianalisis secara multivariat dengan taraf signifikansi 5% dan untuk rnembandingkan keefektifan kedua tipe dianalisis secara multivariat dan dilanjutkan dengan benferoni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Trigonometri dengan KKM 60 dan kritenia keefektifan pada toleransi dan kepercayaan diri adalah 74; 2) Model pembelajaran kooperatif tipe TFS tidak efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi pokok Trigonometri dengan KKM 60 dan kritenia keefektifan pada toleransi dan kepercayaan diri 74; 3) Kedua tipe yang digunakan bedasarkan hasil uji multivariat disimpulkan tidak konsisten; 4) Terdapat perbedaan keefektifan dengan Jigsaw lebih baik digunakan pada Kepercayaan diri daripada tipe TPS. Ketidak tercapaian tujuan dalarn penelitian ini disebabkan karena waktu relatif singkat dan tidak intens, dan siswa kurang memiliki dasar yang kuat pada trigonometri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning tipe Jigsaw, Cooperative Learning tipe Think-Paire-Share, prestasi akademik, toleransi dan kepercayaan diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:32
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40238

Actions (login required)

View Item View Item