Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di Kelas Bilingual Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Kelas VIII

Susanto, Hari Purnomo (2011) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di Kelas Bilingual Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hari-purnomo-susanto-08709251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan STAD di kelas bilingual terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; 2) Mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan STAD di kelas bilingual terhadap motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; dan 3) Membandingkan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan STAD di kelas bilingual terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen semu, dengan desain pretest-Posttest non-ekuivalen multiple-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sekolah yang mengadakan kelas RSBI di kota Yogyakarta kelas VIII tahun akademik 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari empat sekolah dan yang terpilih adalah SMP Negeri 8 Yogyakarta yang terdiri dari tiga kelas RSBI. Dari tiga kelas tersebut dipilih dua kelas secara acak. Dua kelas yang terpilih yakni kelas VIII-9 terdiri dari 26 siswa diajar dengan pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan VIII-10 terdiri dari 25 siswa diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaraan kooperatif tipe TAI dan STAD keduanya efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas bilingual; dan 2) pembelajaraan kooperatif tipe TAI dan STAD keduanya efektif terhadap motivasi belajar matematika siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas bilingual; dan 3)Tidak terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TAI di kelas bilingual terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, Team Assisted Individualization, Student Teams-Achievement Divisions, prestasi belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:18
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40233

Actions (login required)

View Item View Item