LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN KERJA (PPL) UNY SEMESTER KHUSUS 2013/2014 LOKASI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kunchoro Aji Putra, Kunchoro Aji Putra (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN KERJA (PPL) UNY SEMESTER KHUSUS 2013/2014 LOKASI BALAI PENGEMBANGAN MEDIA RADIO PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11105241037 - Kunchoro Aji Putra.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sebuah program yang telah dirancang oleh Universitas Negeri Yogyakarta yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa yang mengambil program kependidikan. Program PPL merupakan cara untuk menambah kompetensi mahasiswa dalam bidang pekerjaan yang nantinya akan digeluti. Program PPL yang dilaksanakan didalam lingkungan lembaga pendidikan ini merupakan bentuk penerapan dari apa yang telah didapatkan di bangku kuliah. Sasaran dari program PPL adalah masyarakat di dalam lembaga dan merupakan wujud nyata dari pengamalan. Kegiatan PPL sendiri merupakan kegiatan praktek ilmu di bidang Teknologi Pendidikan. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi ke Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP). Dan hasil observasi tersebut selanjutnya dijadikan sebagai acuan dalam membuat program kerja kelompok maupun individu yang rencananya dilaksanakan dalam 2,5 bulan. Dengan pelaksanaan program PPL ini praktikan memperoleh banyak pengalaman yang dapat dijadikan bekal kelak ketika sudah benar-benar terjun dalam dunia kerja. Adapun program kerja PPL yang telah terbentuk meliputi program fisik, non fisik, serta program tambahan. Program fisik yaitu pembuatan cover dan label CD bahtera, splash, cerdiktera dan cover cd rekaman kelompok dan juga pembuatan modul untuk pelatihan editing audio menggunakan adobe audition, Sedangkan program non fisik berupa Seminar, Evaluasi Model, dan Produksi Audio. Serta program tambahan meliputi petugas upacara 17 Agusutus. Sedangkan program individu yang telah dirancang adalah i) Pembuatan Profile BPMRP menggunakan adobe flash, ii) Membuat naskah audio tentang Asal-Usul dan Ensiklopedia Populer. Program isidental yang ditelah dilaksanakan yaitu i) Audisi Rekaman Audio, ii) Syawalan, dan iii) Packing CD Bahtera, splash, dan cerdiktera. Penutupan PPL menjadi program tambahan untuk PPL BPMRP tahun 2014 ini. Berdasarkan pada persiapan program, pelaksanaan dan analisis hasil pelaksanaan program kerja kelompok yang sudah dijalankan oleh Tim PPL di BPMRP telah mencapai target yang direncanakan pada matriks dan pelaksanaan kegiatan tersebut memiliki kebermanfaatan bagi lembaga baik untuk pemberdayaan karyawan maupun kemajuan lembaga serta bermanfaat pula untuk menambah wawasan, ketrampilan, dan keahlian mahasiswa terkait dengan kepelatihan diklat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program fisik, Program non-fisik, Program Tambahan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:07
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40225

Actions (login required)

View Item View Item