Perbandingan Kompetensi Matematika, Sikap, dan Minat Siswa Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Group Investigation (GI) Siswa Kelas VII SMPN 4 Gamping Sleman Yogyakarta

Sartika, Dewi (2011) Perbandingan Kompetensi Matematika, Sikap, dan Minat Siswa Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Group Investigation (GI) Siswa Kelas VII SMPN 4 Gamping Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-sartika-09709251017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe GI yang ditinjau dari aspek kompetensi matematika, sikap, maupun minat siswa terhadap matematika; menyelidiki perbedaan kompetensi matematika, sikap, dan minat siswa terhadap matematika menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran kooperatif tipe GI. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri SMP 4 Gamping Sleman yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara random dua kelas yaitu kelas VIID dan VIIE sebagai sampel penelitian. Kelas VIID belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas VIIE belajar dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes yaitu instrumen kompetensi matematika dan instrumen nontes yaitu angket sikap, dan angket minat siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran metamatika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe GI digunakan analisis one sample. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe GI, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan uji t untuk menentukan metode pembelajaran manakah yang lebih aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dan metode pembelajaran kooperatif tipe GI efektif ditinjau dari aspek kompetensi matematika, sikap, maupun minat siswa terhadap matematika; 2) terdapat perbedaan kompetensi matematika, sikap, dan minat siswa terhadap matematika menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pembelajaran kooperatif tipe GI; dan 3) metode pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih efektif dibanding metode pembelajaran kooperatif tipe GI ditinjau dari aspek kompetensi matematika, sikap, maupun minat siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, TGT, GI, kompetensi matematika, sikap, minat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 01:00
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40218

Actions (login required)

View Item View Item