Evaluasi Kinerja Guru Matematika Bersertifikasi Guru Profesional Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kaimana

Suhadi, Akhmad (2011) Evaluasi Kinerja Guru Matematika Bersertifikasi Guru Profesional Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kaimana. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-akhmad-suhadi-09709251019.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru Matematika bersertifikasi guru profesional tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kaimana, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: 1. Kompetensi Kepribadian, 2. Kompetensi Pedagogik, 3. Kompetensi Sosial, dan 4. Kompetensi Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Discrepancy of Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 3 orang Kepala Sekolah SMP dan 2 orang Kepala Sekolah SMA, 7 orang guru Matematika bersertifikasi guru profesional dan 172 siswa pada SMP dan SMA di Kabupaten Kaimana. Data dikumpulkan dengan metode angket, lembar observasi, lembar penilaian, dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan validasi isi dan validasi konstruk. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa guru SMP dan SMA yang bersertifikasi guru profesional di Kabupaten Kaimana mempunyai kinerja dengan kategori tinggi/baik. Dari empat kompetensi, dua kompetensi mendapatkan penilaian baik/tinggi, yaitu kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional, sedangkan kompetensi sosial mendapatkan penilaian sedang/cukup dan kompetensi kepribadian mendapatkan penilaian sangat tinggi. Kompetensi kepribadian menurut pendapat siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, menurut penilaian diri masuk dalam kategori sangat tinggi dan menurut penilaian kepala sekolah dalam kategori tinggi. Kompetensi Pedagogik menurut persepsi siwa termasuk dalam kategori tinggi, dan menurut penilaian diri masuk dalam kategori tinggi, serta menurut penilaian kepala sekolah berada dalam kategori tinggi. Kompetensi Sosial menurut pendapat/persepsi siswa masuk dalam kategori cukup, menurut penilaian diri/persepsi guru masuk dalam kategori cukup, dan menurut penilaian kepala sekolah berada dalam kategori tinggi. Kompetensi Profesional menurut pendapat/persepsi siswa masuk dalam kategori tinggi, menurut persepsi diri berada dalam kategori tinggi, dan menurut penilaian kepala sekolah berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kinerja, guru matematika, sertifikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 07:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40213

Actions (login required)

View Item View Item