Perbedaan Motivasi, Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang Belum Tersertifikasi dan yang Telah Tersertifikasi di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman

Kusningsih, Sri Heny (2011) Perbedaan Motivasi, Profesionalisme dan Kinerja Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang Belum Tersertifikasi dan yang Telah Tersertifikasi di Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-heny-kusningsih-09712251011.swf

Download (99MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi, profesionalisme dan kinerja guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman yang telah tersertifikasi lebih tinggi dari pada guru yang belum tersertifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat expost facto dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 18 sekolah dasar dan satu madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Populasi penelitian ini adalah para guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah yang belum tersertifikasi maupun yang telah tersertifikasi berjumlah 212 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Ngaglik yang diambil dengan teknik stratified proporsional random sejumlah 160 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan self assesmen, studi dokumentasi dan peer assesmen. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan uji beda Mann Whetney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi guru yang telah tersertifikasi lebih tinggi dari pada yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 4,1 dan nilai asymp signifikansi sebesar 0,008, (2) profesionalisme guru yang telah tersertifikasi lebih tinggi dari pada guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 9,85 dan nilai asymp signifikansi sebesar 0,006, (3) kinerja guru yang telah tersertifikasi lebih tinggi dari pada guru yang belum tersertifikasi dengan perbedaan mean sebesar 6,36 dan nilai asymp signifikansi sebesar 0,006, (4) motivasi, profesionalisme, dan kinerja guru yang telah tersertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan guru yang belum tersertifikasi. Dengan demikian proses sertifikasi dapat dikatakan mampu meningkatkan motivasi, profesionalisme, dan kinerja guru sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah di Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi, motivasi, profesionalisme, kinerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40204

Actions (login required)

View Item View Item