Nugroho, Ikhlasul Ardi (2011) Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sains Kelas VI Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-ikhlasul-ardi-nugroho-08712251003.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan dari Buku Sekolah Elektronik Sains Kelas VI Sekolah Dasar yang relevan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian content analysis dengan subyek penelitian sebuah Buku Sekolah Elektronik Sains Kelas VI Sekolah Dasar yang ditulis oleh Yayat Ibayati, Sri Anggraeni, dan Lilis dan obyek penelitian isi buku (kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik yang terdiri dari tiga buah, yakni rubrik untuk kandungan proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan. Data yang diperoleh melalui pengkodean dianalisis secara kualitatif. Buku dikatakan memenuhi kriteria secara sempurna jika buku mengandung seluruh isi yang dikriteriakan; dikatakan memenuhi dalam tingkat baik jika berada pada rentang 85% dan < 100%; dikatakan cukup jika berada pada rentang 60% dan < 85%; dikatakan kurang jika berada pada rentang 35% dan < 60%; dikatakan sangat kurang jika berada pada rentang 0% dan < 35%; dan sama sekali tidak memenuhi kriteria jika persentase pemenuhan kriteria 0%. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, BSE Sains Kelas VI memenuhi proses kognitif yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat cukup (82,38 %); kedua, BSE Sains Kelas VI memenuhi keterampilan proses sains yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat kurang (57,40 %); dan ketiga, BSE Sains Kelas VI memenuhi jenis pengetahuan yang dikandung dalam kurikulum dalam tingkat baik (93,87 %). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa buku yang telah lolos penilaian BSNP ini masih belum memenuhi proses kognitif, keterampilan proses sains, dan jenis pengetahuan yang terkandung dalam kurikulum secara sempurna. Buku juga masih mengandung berbagai materi yang tidak akurat yang menyebabkan tidak terpenuhinya kandungan jenis pengetahuan secara sempurna.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis isi, Buku Sekolah Elektronik, sains |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2016 02:43 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 01:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |