Hubungan antara Kualifikasi Akademik, Kompetensi, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai

Sennen, Eliterius (2011) Hubungan antara Kualifikasi Akademik, Kompetensi, dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eliterius-sennen-09712251002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik, kompetensi dan motivasi kerja dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, (2) mengetahui hubungan antara kualifikasi akademik dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, (3) mengetahui hubungan antara kompetensi dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, (4) mengetahui hubungan antara motivasi dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di 24 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores. Dari 24 sekolah dasar yang ada, terdapat 12 Sekolah Dasar Katolik (SDK), 9 Sekolah Dasar Inpres (SDI), 1 Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS Amanah), 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN), dan 1 Sekolah Dasar Luar Biasa Swasta (SDLB Karya Murni). Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Flores yang berjumlah 433 orang, yang dikelompokkan atas empat kelompok yaitu yang berijazah SLTA (SPG/SGO/PGA), Diploma II, Diploma III, dan yang berijazah Sarjana S1. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah sebagian dari guru SD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai Folres yang diambil melalui teknik stratified proporsional random sampling sejumlah 200 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik, kompetensi dan motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, dengan koefisien korelasinya sebesar 0,5227, (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualifikasi akademik dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai dengan koefisien korelasinya sebesar 0,3969, dan jika ditelaah lebih jauh dengan mengamati korelasi parsial ternyata bahwa kontribusi murninya sebesar 0,0978, dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai dengan koefisien korelasinya sebesar 0,4679, dan jika ditelaah lebih jauh dengan mengamati korelasi parsial ternyata bahwa kontribusi murninya sebesar 0,2034.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kualifikasi akademik, kompetensi, motivasi kerja, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:34
Last Modified: 29 Jan 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40198

Actions (login required)

View Item View Item