EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE CIPP DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Sigit, Adhi Pratomo (2016) EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE CIPP DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sigit_AdhiP_09518241009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 MENGGUNAKAN METODE CIPP DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Sigit Adhi Pratomo NIM. 09518241009 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) evaluasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada program pendidikan elektronika SMK N 3 Yogyakarta berdasarkan aspek Context, (2) evaluasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada program pendidikan elektronika SMK N 3 Yogyakarta berdasarkan aspek Input, (3) evaluasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada program pendidikan elektronika SMK N 3 Yogyakarta berdasarkan aspek Process, (4) evaluasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 pada program pendidikan elektronika SMK N 3 Yogyakarta berdasarkan aspek Product, dan (5) tingkat kepuasan pelanggan terhadap sistem penerapan manajemen mutu di program pendidikan elektronika di SMK N 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dan orang tua siswa kelas XII Program Keahlian Elektronika di SMK N 3 Yogyakarta yang berjumlah 103 responden dan pelaksana manajemen yang terdiri dari guru, QMR dan karyawan sebanyak 16 orang. Teknik Pengumpulan data untuk penerapan manajemen mutu ISO 9001:2008 menggunakan Kuesioner penerapan manajemen dan observasi, sedangkan untuk kepuasan pelanggan menggunakan Kuesioner kepuasan pelanggan. Hasil uji validasi membuktikan bahwa terdapat 10 butir yang gugur pada kuesioner penerapan manajemen mutu dan 6 butir yang gugur pada kuesioner kepuasan pelanggan. Hasil uji reliabilitas membuktikan bahwa kuesioner yang digunakan sudah reliabel dengan nilai alpha cronbach’s sebesar 0,752 pada kuesioner penerapan sistem manajemen dan 0,685 pada kuesioner kepuasan pelanggan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan mean, kecenderungan data dan distribusi frekwensi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berdasarkan aspek Context termasuk dalam kategori baik dengan mean sebesar 171,52 dari skor tertinggi ideal 320 (2) penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berdasarkan aspek Input termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan 90 poin dari skor maksimal 100 (3) penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berdasarkan aspek Process termasuk dalam kategori baik dengan mean sebesar 18,85 dari skor tertinggi ideal 25 (4) penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berdasarkan aspek Product termasuk dalam kategori kurang dengan perolehan skor 33,33 poin dari skor maksimal 100 dan (5) Kepuasan pelanggan pada penerapan sistem manajemen mutu di program pendidikan elektronika di SMK N 3 Yogyakarta termasuk kategori sangat baik dengan mean sebesar 56,37 dari skor tertinggi maksimal 70. Kata kunci: evaluasi, manajemen, CIPP, ISO 9001:2008, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 10:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40177

Actions (login required)

View Item View Item