PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Irfan Taofik, Irfan Taofik (2014) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YPKK 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9.LAPORAN INDIVIDU PPL IRFAN TAOFIK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional untuk dunia pendidikan. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang mana sebagai latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler dimana sebelumnya mahasiswa mengikuti terlebih dulu mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk praktek PPL. SMK YPKK 1 Sleman merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada tahun 2014 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup memadai,namun masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran seluruh aktifitas belajar mengajar di sekolah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 11Agustus – 17 September 2014 sebanyak 13 kali praktik mandiri dan terbimbing. Sedangkan mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 28 jam pelajaran dan penulis sendiri mengampu 2 kelas yaitu X RPL 2, XI AK 1,XI AK 2, XI AK 3, XI RPL 1, XI RPL 2, XII AK 1, XII AK 2. XII AK 3, XII RPL 1, dan XII RPL 2. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa konsultasi Silabus, vii Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Metode Pembelajaran, lab sheet, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PPL terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penulis untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 19 Aug 2016 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40167

Actions (login required)

View Item View Item