LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PRAMUKA SEBAGAI SARANA MEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD N MUNTILAN

ARUM FATWA KHOIRIA, ARUM FATWA KHOIRIA (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PRAMUKA SEBAGAI SARANA MEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD N MUNTILAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARUM FATWA KHOIRIA_11110244006_PPL 2014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, merupakan suatu bentuk kegiatan dalam rangka mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di program Studi Kebijakan Pendidikan. Dalam kegiatan PPL ini akan mendeskrisipkan Implementasi Kebijakan Pendidikan Pramuka sebagai Sarana Membentuk Karakter Siswa di SD Negeri Muntilan. Pendidikan karakter atau pendidikan moral atau pendidikan akhlak adalah pendidikan yang membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Salah satu kegiatan yang dianggap mampu untuk membentuk dan menumbuhkan karakter peserta didik adalah melalui kegiatan ektrakulikuler pramuka atau sekarang lebih banyak dikenal dengan pendidikan pramuka. SD Negeri Muntilan yang berlokasi di Jalan Pemuda nomor 98, Muntilan, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411. SD N Muntilan telah memberikan pelatihan pendidikan pramuka sejak tahun 1960an. Pendidikan pramuka di SD N Muntilan masuk dalam kategori ekstrakulikuler wajib bagi siswa kelas 3 sampai dengan kelas 6. Sesuai dengan visi pendidikan pramuka di sekolah ini adalah membangun karakter dan watak siswa, maka kegiatan pramuka di sekolah inipun juga selalu berkaitan dengan visi tersebut. Materi kegiatan pramuka yang ada di sekolah ini antaralain: keterampilan tali temali, keterampilan menentukan arah, keterampilan pertolongan pertama gawat darurat, ketangkasan pionering, keterampilan morse dan semaphore, bakti sosial, hacking, kemah dan keterampilan baris berbaris.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Karakter, Pramuka
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2016 05:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40092

Actions (login required)

View Item View Item