Manajemen Pendidikan Moral pada Siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Daerah Istimewa Yogyakarta

Suparmin, Suparmin (2011) Manajemen Pendidikan Moral pada Siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suparmin-07703251025.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap manajemen pendidikan moral pada siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam hal: 1) pola pelaksanaan, 2) kerjasama, dan 3) hambatannya, sehingga dapat ditemukan model manajemen yang dapat diterapkan dalam pendidikan moral yang berdasarkan ajaran agama Islam. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data di dalam dan luar madrasah. Wawancaranya adalah wawancara mendalam, bersifat deskriptif dan eksploratif yang menggunakan pedoman berisi pertanyaan-pertanyaan pokok serta dokumentasi sebagai pendukung dan pelengkap bagi data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam. Sebagai informan adalah kepala dan wakil kepala madrasah, guru, siswa dan alumni. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen pendidikan moral pada siswa di Madarasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan dengan mengacu pada manajemen umum, yang berorientasi pada pelaksanaan ajaran agama Islam. Tahap perencanaan dilakukan melalui: (1) penetapan visi, misi, dan tujuan madrasah, (2) analisis SWOT, dan (3) rekrutmen sumber daya manusia. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui penerapan kurikulum baik dari Depdiknas, Depag, maupun lokal. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan mengintegrasikan moral agama Islam melalui penggunaan metode, pendekatan dan media yang bervariasi. Kerjasama dalam manjemen melibatkan berbagai unsur baik internal maupun eksternal madrasah. Hambatan dalam pelaksanaan meliputi ketersediaan dana yang belum sesuai, supervisi dari yayasan yang belum terjadwal, dan jumlah fasilitas belajar yang masih kurang. Tahap evaluasi dilakukan dengan evaluasi manajemen secara umum melalui rapat koordiansi madrasah, sedangkan evaluasi hasil belajar melalui tes tertulis dan tugas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2016 03:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40065

Actions (login required)

View Item View Item