REFORMASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN FUNGSIONALISASI KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PADA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Terry Irenewaty, M. Hum and Widarto, - and Ngadirin, Setiawan, M. S. (2016) REFORMASI PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN FUNGSIONALISASI KINERJA GURU BERSERTIFIKAT PADA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_9.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan bagaimana langkah-langkah mengembangkan model reformasi peran kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan fungsionalisasi guru bersertifikat pada tingkat pendidikan SMK, (2) mendapatkan perangkat-perangkat panduan implementasi model reformasi peran kepala sekolah yang layak sebagai upaya meningkatkan fungsionalisasi guru bersertifikat pada tingkat pendidikan SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prosedur mengembangkan model reformasi peran kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan fungsionalisasi guru bersertifikat pada tingkat pendi dikan SMK dengan menerapkan penelitian pengembangan secara prosedural, (2) perangkat perangkat panduan implementasi model peran kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan fungsionalisasi guru bersertifikat pada tingkat pendidikan SMK dinyatakan penting oleh ahli dengan tingkat kepentingan sebesar 83,9 atau penting, sedangkan instrumen penilaian peran kepala sekolah dengan model PPKS yang layak oleh 8 ahli dimana kelayakan instrumen dibuktikan dengan rerata skor 4.29 atau sangat baik, sedangkan untuk panduan evaluasi juga dinilai sangat baik dengan rerata skor 4.34. Sedangkan untuk keterbacaan instrumen yang di nilai oleh 5 kepala sekolah dan 5 guru SMK memperoleh rerata skor 4,26 kategori sangat baik, sedangkan panduan evaluasinya 4,26 juga kategori baik, sementara tingkat kinerja yang dinilaikan oleh 5 kepala sekolah sebesar 1.90 untuk komponen pengajaran, 1.90 untuk komponen organisasi sekolah, dan 1,80 untuk komponen manajerial atau kategori sangat baik. Sedangkan tingkat kinerja yang dinilaikan oleh 10 guru SMK sebesar 1.90 untuk komponen pengajaran, 1.85 untuk komponen organisasi sekolah, dan 1,85 untuk komponen manajerial atau kategori sangat baik. Sedangkan secara total rerata skor hasil penilaian kepala sekolah dan guru sebesar 1,87 atau 93.3 kriteria sangat tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Uncontrolled Keywords: reformasi, kepala sekolah, guru bersertifikat, sekolah menengah kejuruan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:52
Last Modified: 18 Aug 2016 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40060

Actions (login required)

View Item View Item