PENINGKATAN KOMPETENSI PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK KI AGENG PEMANAHAN BANTUL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING

Tamini, Muhammad Filda (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MEKATRONIKA SMK KI AGENG PEMANAHAN BANTUL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FILDA TAMINI 12518241039.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penerapan metode problem solving dengan bantuan media pembelajaran berupa trainer mikrokontroler dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas XI program keahlian Teknik Mekatronika SMK Ki Ageng Pemanahan Bantul pada mata pelajaran mikrokontroler. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa dan lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator adalah jumlah siswa yang tuntas 75% dan prestasi belajar sesuai dengan KKM di sekolah yaitu 76. Hasil penelitian diketahui bahwa setelah diterapkan metode pembelajaran problem solving kompetensi siswa mengalami peningkatan yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan persentase semua penilaian aspek afektif pertemuan pertama siklus I sebesar 43,33%, pertemuan kedua 58,67%, pertemuan ketiga 68%, meningkat pada pertemuan pertama siklus II menjadi sebesar 73,33%, pertemuan kedua 76,67% dan pertemuan ketiga 83,33%. Aspek kognitif siswa mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata pretest siklus I sebesar 47,2 meningkat menjadi 68,27 pada posttest, pretest siklus II nilai rata-rata 69,07 meningkat menjadi 78,4 pada posttest. Aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan yang terlihat dari nilai rata-rata Jobsheet 1 sebesar 43,67, Jobsheet 2 sebesar 54,33, Jobsheet 3 sebesar 68, Jobsheet 4 sebesar 84,67 dan Jobsheet 5 sebesar 87. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, problem solving, trainer mikrokontroler, kompetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:00
Last Modified: 30 Jan 2019 10:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40042

Actions (login required)

View Item View Item