LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode : 4 Juli 2014- 17 September 2014 LOKASI: SMP NEGERI 3 MAGELANG

ARVINA ALFAJRI, ARVINA ALFAJRI (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode : 4 Juli 2014- 17 September 2014 LOKASI: SMP NEGERI 3 MAGELANG. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
laporan PPL_Arvina Alfajri_11206241029.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMP Negeri 3Magelang dan berlangsung selama kurang lebih minggu, sejak tanggal 23 mei sampai dengan 17 September 2014. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar Nasional selalu mengikuti upacara bendera serta melakukan tugas piket dengan jadwal yang sudah disepakati oleh mahasiswa dengan wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktek mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran berupa powerpoint, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi serta analisisnya. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelasVIII dengan sistem paralel dimana praktikan mengajar pada kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC, dan VIIID. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 24 kali pertemuan dalam kelas paralel tersebut. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang tidak begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:21
Last Modified: 18 Aug 2016 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/40008

Actions (login required)

View Item View Item