ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN DALAM LKS BIOLOGI KELAS X YANG DIGUNAKAN OLEH SISWA MAN DI KOTA YOGYAKARTA

Puspita, Sicilia Artya (2016) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG DIKEMBANGKAN DALAM LKS BIOLOGI KELAS X YANG DIGUNAKAN OLEH SISWA MAN DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SICILIA ARTYA PUSPITA .pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengetahui ragam keterampilan proses sains (KPS) yang dikembangkan dalam LKS Biologi kelas X yang digunakan oleh siswa MAN di Kota Yogyakarta. Selain itu, mengetahui sistematika penyajian KPS dalam LKS Biologi kelas X yang digunakan oleh siswa MAN di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan objek penelitian adalah LKS Biologi kelas X semester 1 yang digunakan oleh siswa MAN di Kota Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 16 LKS Biologi sebagai sampel. Analisis dilakukan oleh tiga panelis yang memenuhi kriteria. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menghitung presentasi frekuensi kemunculan ragam KPS. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ragam keterampilan dasar (basic skills) yang dikembangkan dalam LKS Biologi meliputi keterampilan observasi, identifikasi masalah, menemukan masalah, merumuskan masalah, mengklasifikasikan objek, mencatat hasil pengamatan, menyimpulkan hasil kegiatan praktikum, dan membuat laporan hasil kegiatan praktikum. Ragam keterampilan terpadu (integrated skills) yang dikembangkan dalam LKS Biologi meliputi keterampilan merumuskan hipotesis, membuat langkah kegiatan, menetapkan urutan/ kelompok perlakuan, mengikuti petunjuk/ prosedur, menggunakan alat (alat bantu, alat ukur, dll), membuat tabel (organisasi data) hasil kegiatan praktikum, mengumpulkan informasi dari hasil kegiatan praktikum, identifikasi variabel, identifikasi hubungan antar variabel, menghitung rata-rata hasil kegiatan praktikum, dan membuat grafik hasil kegiatan praktikum. Sistematika penyajian ragam KPS dalam LKS Biologi yang digunakan oleh siswa MAN di Kota Yogyakarta secara umum belum dikembangkan keseluruhan sesuai dengan pedoman metode ilmiah. Selain itu, KPS yang dikembangkan sebagian besar ialah keterampilan proses dasar (basic skill).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:53
Last Modified: 30 Jan 2019 10:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39998

Actions (login required)

View Item View Item