LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Jl. Turi Km.3 Trimulyo, Sleman 1 Juli – 17 September 2014

M. Ali Mas’udin, M. Ali Mas’udin (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMP NEGERI 4 SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Jl. Turi Km.3 Trimulyo, Sleman 1 Juli – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 2 3.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Penerjunan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 1 Juli 2014sampai 17 September 2014 di SMP Negeri 4 Sleman akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 4 Sleman, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VII dan IX yaitu kelas VII A,VII B,VII C,VII D kelas IX A. Mahasiswa melakukan praktek mengajar di kelas dan di lapangan setiap hari senin jam ke-1 sampai ke-3, selasa jam ke-1 sampai ke-6, kamis jam ke-1 sampai ke-3 dan jum’at jam ke-4 sampai ke-5. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:24
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39972

Actions (login required)

View Item View Item