LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD 1 SEKARSULI BANGUNTAPAN

GALIH WIDYA NUGRAHA, GALIH WIDYA NUGRAHA (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD 1 SEKARSULI BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul, Hal Pengesahan, Kata Pengantar, ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI LAPORAN (BAB 1,2,3).pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2014 merupakan program pendidikan yang tertuang dalam kurikulum Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Praktik Pengalaman Lapangan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan. SD N 1 Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 8 kali yang dilaksanakan mulai tanggal 9 Agustus 2014 sampai dengan 1 September 2014 dan praktik mengajar mandiri sebanyak 2 kali yang dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 September 2014. Selain itu, terdapat ujian praktik mengajar yang dilaksanakan 2 kali yaitu tanggal 5 dan 8 September 2014. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan penyusunan program. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran pada khususnya. Pelaksanaan program PPL di SD 1 Sekarsuli berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu proses pelaksanaan dan kelancaran program PPL di sekolah tersebut.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Program, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 07:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39943

Actions (login required)

View Item View Item