RIFKA ANISAUNNAFI’AH, RIFKA ANISAUNNAFI’AH (2014) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SD 1 SEKARSULI BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar,Daftar Isi,Daftar lampiran, Abstrak.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN (BAB 1,2,3).pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Program PPL Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2014 memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD Negeri Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2014. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Tujuan dari progran PPL adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial pembelajaran di sekolah, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses perkuliahan. Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, dan ujian praktik mengajar. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan delapan kali yaitu pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 28 Agustus 2014, pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 30 Agustus dan 1 September 2014, dan ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 4 dan 6 September 2014. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL meliputi observasi sekolah dan pembuatan jadwal mengajar. Tahap pelaksanaan meliputi praktik mengajar terbimbing, mandiri, dan ujian. Tahap evaluasi sebagai refleksi keberhasilan program yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil refleksi, secara umum peserta dapat melakukan perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran. Pelaksanaan program PPL di SD 1 Sekarsuli berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sangat membantu proses pelaksanaan dan kelancaran program PPL di sekolah tersebut.
| Item Type: | Monograph (Project Report) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | PPL, Praktik Mengajar, Tahapan |
| Subjects: | LPPMP |
| Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
| Depositing User: | LPPMP |
| Date Deposited: | 16 Aug 2016 07:03 |
| Last Modified: | 01 Oct 2019 12:03 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
