PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS SISWA KELAS XII TP DI SMK NASIONAL BERBAH

Sutrisno, - (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PENGEMBANGAN ASPEK SOFT SKILLS SISWA KELAS XII TP DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (dokumen)
STRATEGIES_IMPLEMENTATION_ON_COOPERATIVE_LEARNING.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan soft skills siswa dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif agar proses pengembangan atau peningkatan soft skills siswa dapat dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas. Selain itu untuk mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan aspek soft skills siswa kelas XII TP di SMK Nasional Berbah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dilaksanakan di SMK Nasional Berbah. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara hasil observasi siklus I, siklus II dan siklus III dengan teknik deskriptif kualitatif yang diterangkan dalam hasil rata-rata persentase soft skills yang dimiliki siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan soft skills siswa pada aspek kejujuran, kedisiplinan, percaya diri, etika dan kepemimpinan dengan langkah-langkah yaitu, diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab. Rata-rata keseluruhan aspek soft skills yang dimiliki siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 60 % (tinggi), siklus II sebesar 67 % (tinggi) dan siklus III sebesar 78 % (tinggi). Sedangkan hasil observasi pada setiap aspek soft skills yaitu, pada aspek kejujuran diawali dengan siklus I sebesar 55 % (cukup), siklus II sebesar 68 % (tinggi) dan siklus III sebesar 77 % (tinggi). Pada aspek kedisiplinan diawali dengan siklus I sebesar 77 % (tinggi), siklus II sebesar 64 % (tinggi) dan siklus III sebesar 77 % (tinggi). Pada aspek percaya diri diawali siklus I sebesar 64 % (tinggi), siklus II sebesar 64 % (tinggi) dan siklus III sebesar 77 % (tinggi). Pada aspek etika diawali dengan siklus I sebesar 55 % (cukup), siklus II sebesar 73 % (tinggi) dan siklus III sebesar 82 % (tinggi). Pada aspek kepemimpinan diawali dengan siklus I sebesar 55 % (cukup), siklus II sebesar 64 % (tinggi) dan siklus III sebesar 71 % (tinggi). Dari keseluruhan hasil observasi di atas maka dapat dikatakan secara umum soft skills siswa mengalami peningkatan dengan diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif pada saat pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:50
Last Modified: 29 Jan 2019 15:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item