LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI NGOTO

WAHYUNINGSIH, WAHYUNINGSIH (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI NGOTO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WAHYUNINGSIH_11108241038_PGSD_FIP_UNY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dan penyelenggaraan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 02 Juli sampai 17 September 2014. Sebagai tempat praktik dipilih SD Negeri Ngoto yang beralamat di dusun Semail Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Kegiatan PPL ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang di dapat dari bangku kuliah. PPL yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, praktik terbimbing, praktik mandiri, ujian praktik dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan. Praktik lapangang dibagi menjadi tiga tahap dimana tahap yang pertama adalah praktik terbimbing sebanyak 8 kali yang terbagi menjadi kelas rendah dan kelas tinggi, selanjutnya yang kedua adalah praktik mandiri yang dilakukan sebanyak 2 kali terdiri dari kelas rendah dan kelas tinggi, dan yang terakhir adalah ujian sebagai evaluasi keseluruhan dari pelaksanaan praktik lapangan. Kendala yang sering dihadapi dalam kegiatan praktik adalah mengkondisikan siswa. Kendala yang lain adalah membuat suatu pembelajaran yang aktif dan inovatif sehingga materi mampu diserap dengan maksimal oleh siswa serta kendala yang lain adalah pembuatan media yang cocok untuk anak dan materi yang akan diajarkan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini di harapkan agar mahasiswa mampu menghayati, mempraktikan, dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebgai pengajar dan pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39895

Actions (login required)

View Item View Item