LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA TARAKANITA MAGELANG

Leo Fernando Putra, Leo Fernando Putra (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA TARAKANITA MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEO FERNANDO PUTRA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuanuntuk melatihdan memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa berkaitan dengan proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensi keguruan. Berkaitan dengan tujuan pelaksanaan PPL tersebut, kegiatan yang telah dilaksanakan dalam PPL meliputi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan materi dan media, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun akademik 2014/2015 yang berlokasi di SMA Tarakanita Magelang telah selesai dilaksanakan pada tanggal 17 September 2014. Dalam pelaksanaan kegiatan yang dimulai pada 2 Juli 2014 ini, dibentuklah satu kelompok mahasiswa praktikan yang terdiri dari 2 orang mahasiswa Pendidikan Sosiologi, 2 orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 2 orang mahasiswa Pendidikan Sejarah, dan 2 orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Perancis. Praktik mengajar dilaksanakan mulai dari tanggal 23 Juli 2014 sampai dengan 3 September 2014. Pada pelaksanaan praktik tersebut, telah dilakukan Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) dalam 6 kali pertemuan di kelas XI IPS 1. Kompetensi yang telah diajarkan dalam KBM tersebut meliputi teks lisan dan tulis untuk memberi saran, tawaran, menyatakan pendapat dan pikiran beserta responnya. Selama hampir 9 minggu praktik mengajar berlangsung dan berkat adanya bimbingan dan pengarahan dari guru dan dosen pembimbinglah, rangkaian kegiatan praktik dalam kurun waktu tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu, peran aktif peserta didik di dalam kelas serta dukungan dan bantuan dari pihak sekolah juga telah turut membantu berjalannya salah satu kegiatan inti PPL tersebut. Namun demikian, pada pelaksanaanya kegiatan praktik mengajar tersebut tidaklah terlepas dari hambatan. Hambatan yang kerap ditemui oleh praktikan adalah kurangnya penguasaan kelas ketika ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan selama pembahasan materi. Kesulitan sering dialami ketika praktikan harus memberikan penjelasan dan mengendalikan siswa pada waktu yang bersamaan. Hal tersebut, kemudian, berdampak pada manajemen waktu KBM yang kadang melebihi waktu yang telah ditargetkan. Meski begitu, praktikan menyadari bahwa adanya hambatan dalam pelaksanaan PPL, terutama dalam praktik mengajar, adalah suatu hal yang tidak bisa dielakkan. Oleh karena itu, hambatan tersebut tidaklah dilihat sebagai tanda berhenti, melainkan sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi selama kegiatan PPL ini berlangsung pun seterusnya setelah kegiatan tersebut berakhir.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39892

Actions (login required)

View Item View Item