LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMA Tarakanita Magelang

Dinda Dara Iswari, Dinda Dara Iswari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMA Tarakanita Magelang. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DINDA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah langkah strategis untuk membekali dan melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa mendatang. Mahasiswa ditempatkan di beberapa sekolah dalam beragam jenjang untuk diasah kemampuannya sebagai bekalnya kelak. Salah satu tempat penempatan mahasiswa PPL UNY adalah di SMA Tarakanita Magelang. Kegiatan PPL di SMA Tarakanita Magelang telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY pada tanggal 1 Juli – 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari 4 program studi yang berbeda, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris; Pendidikan Bahasa Perancis; Pendidikan Sejarah; dan Pendidikan Sosiologi. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli sampai dengan 2 September 2014. Praktik mengajar sebanyak 6 kali pertemuan di kelas inti, yaitu kelas XI IPS 2 dan 1 kali pertemuan di kelas tambahan, yaitu kelas XI IPA pada saat mahasiswa harus menggantikan guru yang berhalangan mengisi pelajaran. Pokok bahasan yang diberikan meliputi empat English macro skills (listening, speaking, reading, dan writing) dengan berbagai macam metode dan teknik manejemen kelas. Secara umum, Praktik Pengalaman Lapangan telah berjalan dengan lancar walaupun masih ada sedikit hambatan seperti terlalu sedikit jam pelajaran untuk Bahasa Inggris di dalam Kurikulum 2013 sehingga mahasiswa hanya bisa mengajar sebanyak tujuh kali.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 03:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39880

Actions (login required)

View Item View Item