LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 13 MAGELANG

Isnaeni Akhiriatun, Isnaeni Akhiriatun (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 13 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL SMP 13 MGL ISNAENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terpadu yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah langkah strategis untuk membekali dan melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik di masa mendatang. Mahasiswa ditempatkan di beberapa sekolah dalam beragam jenjang untuk diasah kemampuannya sebagai bekalnya kelak. Salah satu tempat penempatan mahasiswa PPL UNY adalah di SMP Negeri 13 Magelang. Kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Bantul telah dilaksanakan oleh mahasiswa UNY pada tanggal 1 Juli – 17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 12 mahasiswa dari 6 program studi yang berbeda, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Pendidikan IPA: Pendidikan Matematika.Pendidikan Seni Rupa: Pendidikan Seni Musik Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar terbagi menjadi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri dan dilaksanakan sejak tanggal 2 Juli sampai dengan 30 September 2013. Praktik mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 11 kali pertemuan termasuk ulangan harian di kelas VIII H. Sedangkan praktik mengajar mandiri dilaksanakan 5 kali pada saat mahasiswa harus menggantikan guru yang berhalangan mengisi pelajaran. Pokok bahasan yang diberikan meliputi gerak pada tumbuhan, gerak pada hewan, gerak benda, hokum 1 Newton, hokum 2 Newton, dan hokum 3 Newton Secara umum, Praktik Pengalaman Lapangan telah berjalan dengan lancar walaupun masih ada sedikit hambatan seperti media elektronik yang kadang tidak berfungsi, praktikan yang kesulitan mencari sumber bahan ajar, penguasaan kelas yang masih kurang serta siswa yang sering membuat gaduh saat proses KBM berlangsung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program, bahan ajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:08
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39858

Actions (login required)

View Item View Item