Hayati, Isna Amanatul (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMA “AIRKU TERCEMAR” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP N 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, FMIPA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (828kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema pembelajaran “Airku Tercemar” terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan (2) pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema pembelajaran “Airku Tercemar” terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain penelitian pretest-posttest control grup design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016, yang terdiri dari 6 kelas.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen.Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan Deduktif dan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan CTL.Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari pretest-posttest dan lembar observasi, sedangkan data penguasaan konsep IPA diperoleh melalui pretest-posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji gain dan uji-t. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai signifikansi dan besarnya pengaruh pendekatan CTL pada masing-masing variabel diukur menggunakan persamaan nilai keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan CTLpada tema pembelajaran “Airku Tercemar”memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta sebesar 46,15% dan (2) pendekatan CTLpada tema pembelajaran “Airku Tercemar” memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta sebesar 32,50%. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pendekatan CTL,penguasaan konsep IPA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 01:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39848 |
Actions (login required)
View Item |