PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMA “AIRKU TERCEMAR” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP N 9 YOGYAKARTA

Hayati, Isna Amanatul (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMA “AIRKU TERCEMAR” TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP N 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema pembelajaran “Airku Tercemar” terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan (2) pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada tema pembelajaran “Airku Tercemar” terhadap penguasaan konsep IPA siswa SMP N 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan jenis desain penelitian pretest-posttest control grup design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016, yang terdiri dari 6 kelas.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen.Pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan pendekatan Deduktif dan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan pendekatan CTL.Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari pretest-posttest dan lembar observasi, sedangkan data penguasaan konsep IPA diperoleh melalui pretest-posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji gain dan uji-t. Pengambilan keputusan berdasarkan nilai signifikansi dan besarnya pengaruh pendekatan CTL pada masing-masing variabel diukur menggunakan persamaan nilai keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan CTLpada tema pembelajaran “Airku Tercemar”memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta sebesar 46,15% dan (2) pendekatan CTLpada tema pembelajaran “Airku Tercemar” memberikan pengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMP N 9 Yogyakarta sebesar 32,50%. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, pendekatan CTL,penguasaan konsep IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 18 Aug 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 10:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39848

Actions (login required)

View Item View Item