PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES KARYA SENI LUKIS TERINTEGRASI DENGAN KARAKTER UNTUK MENILAI PRAKTIK KERJA LAPANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Trie Hartiti, Retnowati and Djemari Mardapi, Prof. Ph.D. and Suwarna, - and Bambang Prihadi, - (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES KARYA SENI LUKIS TERINTEGRASI DENGAN KARAKTER UNTUK MENILAI PRAKTIK KERJA LAPANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_8.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyusun instrumen dan panduan penilaian nontes proses pembuatan karya Seni Seni Lukis terintegrasi dengan penilaian karakter, sebagai upaya mempersiapkan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan menuju dunia kerja. Teknik penilaian yang digunakan berupa teknik observasi , Berdasarkan studi awal terbatas, pada saat ini belum ada instrumen dan panduan penilaian nontes yang terintegrasi dengan penilaian karakter sebagai salah satu alat untuk mempersiapkan peserta didik SMK menuju dunia kerja. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan disain penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yaitu melakukan (1) studi awal untuk menemukan temuantemuan penelitian yang terkait dengan proses yang akan dikembangkan, (2) pengembangan proses berdasarkan temuan- temuan penelitian tersebut, (3) pengujian lapangan dalam situasi nyata di mana proses tersebut akan digunakan, dan (4) perbaikan instrumen produk berdasarkan kelemahan-kelemahan yang ditemukan dalam pengujian lapangan. Penelitian ini menghasilkan instrumen nontes penilaian proses pembuatan karya seni lukis yang terintegrasi dengan penilaian karakter dalam bentuk buku panduan untuk menilai karya kreasi seni lukis peserta didik SMK. Hasil penilaian nontes proses pembuatan karya Lukis dan karaktrer yang terintegrasi dapat digunakan untuk mengetahui kesiapan kerja peserta didik. Sesuai dengan peraturan yang ada, penilaian nontes ini merupakan bagian dari penilaian hasil belajar karya kreasi seni lukis peserta didik SMK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Uncontrolled Keywords: instrumen nontes, karya kreasi seni rupa, pendidikan karakter
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Aug 2016 01:48
Last Modified: 16 Aug 2016 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39841

Actions (login required)

View Item View Item