LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 SLEMAN

DEWANTO DWI NUGROHO, DEWANTO DWI NUGROHO (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Dewanto Dwi Nugroho_PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SMP N 1 Sleman, mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat pembelajaran dan LKS. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII A sampai VII G dan VIII A, VIII B untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 28 kali dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas dan di lapangan. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39790

Actions (login required)

View Item View Item