LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 SLEMAN

AMELIANA DASTUMI, AMELIANA DASTUMI (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 SLEMAN. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Amel.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Pada saat kuliah Mahasiswa menerima ilmu yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, pada saat PPL ini Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikannya teori-teori tersebut dan sekaligus menimba ilmu secara empirik, tidak sekedar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh lagi mereka juga memiliki kemampuan untuk menerapkan teori tersebut, tidak hanya dalam situasi simulasi tetapi dalam situasi sesungguhnya. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SMP N 1 Sleman, mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat pembelajaran. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar kelas VII C, VII D, VII E, VII F, VII G dan VIII E, VIII F, VIII G untuk mata pelajaran Pendidikan Seni Musik. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 45 kali dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Pendidikan Seni Musik. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun ekstern. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikanya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:38
Last Modified: 15 Aug 2016 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39788

Actions (login required)

View Item View Item