LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN OPTIMALISASI PENDATAAN DAN PENGELOLAAN SARANA PRASARANA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN

Elda Maulina, Elda Maulina (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN OPTIMALISASI PENDATAAN DAN PENGELOLAAN SARANA PRASARANA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lap PPL Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga pendidikan. Penyelenggaraan kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. Adapun program uatama yaitu “Optimalisasi Pendataan dan Pengelolaan Sarana Prasarana Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten”. Latarbelakang dilaksanakannya program, karena sulitnya melakukan pemetaan sarana dan prasarana karena kekurangan atau ketidaklengkapan data yang dimiliki, serta belum tersedianya instrumen yang jelas. Selain itu terdapat program PPL penunjang seperti Menyusun waktu perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi setiap Program Dikmen, Menyusun KAK Program Dikmen, Melakukan penginputan data Daftar Penerimaan Uang Perjalanan Dinas dalam Daerah Monitoring Mos tahun 2014/2015 Bidang PNF (Pendidikan Non Formal), Melakukan penginputan data rekap Nilai UN SMP dan SMK, Membantu AUBADE Tahun 2014, Membantu pencarian data jumlah siswa MI/MA/MTS ke Kemenag untuk melakukan perhitungan APM dan APK, serta Membantu penginputan data profil sekolah. Secara keseluruhan program praktik pengalaman lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan lancar. Beberapa program tambahan/penunjang serta insidental menyesuaikan kebutuhan di bidang kerja. Setiap kegiatan dirancang dan direncanakan dengan kerjasama dengan Kabid/Kasi serta Staf Dikmen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Optimalisasi data saspras, SMA/SMK.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39744

Actions (login required)

View Item View Item