LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 KALASAN

ROHDIANA, ROHDIANA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rohdiana_Pendidikan Geografi_PPLSAKA..pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang didapatkannya selama belajar di kampus dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Sedangkan visi PPL sebagai wahana pembentukan calon guru/tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Kalasan dan berlangsung sejak tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, sosial, serta memberikan kesempatan untuk mempelajari, mengenal, dan mengamati permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran Geografi pada khususnya. Adapun rancangan program secara keseluruhan terdiri dari program kerja dan kegiatan PPL. Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama praktik mengajar dilaksanakan, pembuatan catatan harian pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, dan pembuatan soal evaluasi. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3 dan X MIA 5. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 5 jam pelajaran dalam satu minggu untuk masing-masing kelas. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan yang begitu signifikan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang cukup baik dengan guru pembimbing maupun pihak sekolah. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mahasiswa dapat merasakan langsung kegiatan pembelajaran di kelas dan kegiatan lain yang berhubungan dengan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Manfaat lain yaitu mahasiswa dituntut untuk lebih bertanggung jawab dengan peserta didiknya, bagaimana cara mengelola kelas dan membuat peserta didik dari yang belum mengetahui materi menjadi memahami materi yang disampaikan. Mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang sangat berharga terkait hubungan kekeluargaan yang terjalin dengan para siswa SMA Negeri 1 Kalasan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Kalasan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:41
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39739

Actions (login required)

View Item View Item