LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 KALASAN

Ni Luh Enita Maharani, Ni Luh Enita Maharani (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 KALASAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ni Luh Enita M_Pendidikan Seni Tari_PPLSAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam hal ini, penyusun melaksanakan praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk memperoleh pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Penyusun diharapkan memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik agar menjadi guru yang tidak hanya mendidik tetapi juga sebagai pendidik yang profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Kalasan dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelakasanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada Guru Pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XII IPA 1, XII IPA 2 dan XII IPS 1, XII IPS 2. Metode yang dipergunakan selama dikelas yaitu metode imitasi dan demonstrasi. Di dalam kelas praktik metode mengajar bercermin juga dipergunakan untuk mempermudah siswa melakukan berbagai macam gerakan. Untuk menambah daya ingat siswa, maka setiap akhir pertemuan siswa diwajibkan untuk membuat dance skrip (catatan ragam gerak) berupa bentuk gambar maupun tulisan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Kalasan ini dapat diperoleh hasilnya yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik mengajar di bidang Pendidikan Seni Budaya yaitu Seni Tari yang didapatkan selama di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL ini yaitu berupa perbedaan tingkat teknik dan hafalan tari Bali siswa dengan siswa lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 05:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39735

Actions (login required)

View Item View Item