KREATIVITAS DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR YANG UNGGUL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Siti, Mulyani, M.Hum. and Giri, Wiyono and Sujarwo, M.Pd. (2016) KREATIVITAS DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR YANG UNGGUL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY.

[img]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional LPPM UNY 2016 rev_1.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha mendiskripsikan kreativitas dalam pengelolaan pendidikan sekolah dasar unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta sehubungan dengan pelaksanaan MPMBS. Penelitian ini termasuk penelitian survey yang dilakukan untuk mengambil suatu generalisasi yang didasarkan pada pengamatan terbatas. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif, terkait dengan kreativitas pengelolaan pendidikan sekolah dasar unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Karakteristik MPMBS itu memuat komponen input, proses, dan output. Komponen input skor rata-rata mencapai 3,75. Skor tersebut didukung keyakinan para guru bahwa siswa dapat diarahkan mencapai program, sekolah memiliki sumberdaya, siap mendukung mutu pembelajaran, sekolah memberikan fokus perhatian pada peningkatan mutu dan kepuasan peserta didiknya pelaksanaan. Komponen proses skor rata-rata 3,5. Kakrater efektifitas proses belajar mengajar yang tinggi di sekolah, partisipasi yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat, sekolah memiliki keterbukaan dalam manajemen, dan karakter sekolah memiliki akuntabilitas masing-masing mendapat skor rata-rata 3,1. Karakter kepemimpinan sekolah yang kuat dan sekolah memiliki kemauan untuk berubah mepunyai skor rata-rata 3,5. Karakter pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif dan karakter sekolah memiliki budaya mutu skornya 3,6. Karakter sekolah memiliki kewenangan dan sekolah responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan, komunikasi yang baik skor rata-ratanya 3,7. Karakter sekol ah memi l iki ”teamwork” yang kompak, cerdas dan dinamis dan karakter sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan mendapat skor rata-rata 3,8. Lingkungan sekolah yang aman dan tertib skor rata-rata 3,9. Karakteristik komponen output sekolah dasar unggulan di daerah Istimewa Yogyakarta terdapat perbedaan yang mencolok antara prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Prosiding Seminar Nasional 2016
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:49
Last Modified: 15 Aug 2016 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39707

Actions (login required)

View Item View Item