LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 5 SLEMAN TAHUN 2014

Ibang Priyadi, Ibang Priyadi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 5 SLEMAN TAHUN 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
IBANG PRIYADI_11601241004_PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2014 ini dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Berdasarkan hasil observasi ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam melaksanakan PPL meliputi pembenahan fasilitas dan perlengkapan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pengembangan atau pendampingan kegiatan non fisik, pembenahan lingkungan sekolah, penyusunan rancangan pembelajaran satuan pelajaran dan media pembelajaran, praktik pengajaran terbimbing dan mandiri, menerapkan inovasi pembelajaran. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktik PPL disesuaikan dengan program sekolah sehingga dapat mendukung program-program yang ada di sekolah. Hal tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan manajemen berbasis sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 yang diterapkan di sekolah. Melalui program PPL mahasiswa mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat di bangku kuliah ke dalam kelas. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa tentang proses pembelajaran dan kegiatan yang ada disekolah yang kemudian digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Pelaksanaan PPL di SMP Negeri 5 Sleman relatif berjalan dengan baik dan lancar meskipun terdapat beberapa kendala yang cukup menjadi pembelajaran. Namun, secara umum program PPL ini telah menambah pengalaman yang berharga bagi kemampuan mengajar dan kemampuan manajerial di sekolah yang nantinya menjadi bekal menuju lapangan kerja yang sesungguhnya, yaitu sebagai guru yang profesional serta memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial yang tinggi baik sebagai tenaga pengajar sekaligus pendidik sehingga dapat membantu siswa sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara umum.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Aug 2016 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39698

Actions (login required)

View Item View Item