LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 2 MAGELANG

Nurul Panca N.R., Nurul Panca N.R. (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NURUL PANCA N.R..pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL UNY di SMA Negeri 2 Magelang merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam rangka penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA Negeri 2 Magelang tahun 2014. SMA Negeri 2 Magelang terletak di Jl. Urip Sumohardjo, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Lokasi SMA Negeri 2 Magelang berada di wilayah Kota Magelang dekat dengan wilayah Akademi Militer Kota Magelang. PPL di SMA Negeri 2 Magelang ini memiliki beberapa program yang bertujuan untuk memajukan lembaga sekolah. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa dan guru, serta ikut dalam perbaikan perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan observas. Kegiatan observaasi dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang aktifitas dan keadaan fisik sekolah. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Perancis di SMA Negeri 2 Magelang tahun 2014 ini meliputi: (1) Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 2 Magelang telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti praktik mengajar di kelas yang menuntut kemampuan praktikan untuk mengenali karakter peserta didik dan menyesuaikan metode pengajaran yang sesuai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 08:56
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39421

Actions (login required)

View Item View Item