NOORA EMIRIYYA KHULDA, NOORA EMIRIYYA KHULDA (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 2 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
NOORA EMIRIYYA K..pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang diadakan oleh LPPMP UNY untuk mahasiswa Kependidikan UNY dan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL wajib diambil atau ditempuh oleh mahasiswa kependidikan program S1 dan wajib lulus. Mata kuliah ini berbobot 3 sks. Selain itu PPL juga bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari permasalahan sekolah terkait dengan proses pembelajaran. Salah satu contohnya adalah pelaksanaan kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Magelang. SMA Negeri 2 Magelang terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Sekolah ini berjarak 4 km dari pusat kota Magelang. Pelaksanaan PPL di SMA Negeri 2 Magelang berlangsung dari tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Sebelum melaksanakan program ini, mahasiswa praktikan PPL melakukan observasi lingkungan fisik dan nonfisik sekolah. Hal ini bertujuan untuk memahami situasi dan kondisi sekolah, sehingga praktikan bisa menentukan program dan kegiatan yang akan dijalankan selama program PPL berlangsung. Selain praktik mengajar, prakitikan juga belajar mengenai administrasi dan kegiatan sekolah. Beberapa program dan kegiatan PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Magelang adalah (1) pembuatan RPP dan media pembelajaran, (2) praktik mengajar, (3) pembuatan alat evaluasi, (4) Evaluasi (Ulangan Harian 1), (5) pendampingan kegiatan sekolah. Program-program PPL tersebut telah dilaksanakan dengan baik, walaupun ada beberapa hambatan dalam melaksanakannya. Diantaranya adalah praktik mengajar di kelas yang memiliki tantangan tersendiri karena harus menyesuaikan diri dengan karakter siswa yang heterogen, kesulitan menyampaikan materi kepada siswa karena siswa sudah beranggapan bahwa bahasa Prancis sangat sulit sehingga mereka tidak memperhatikan penjelasan guru atau praktikan. Kemudian juga kesulitan alokasi waktu PPL yang terkadang bersamaan dengan pelaksanaan program KKN. Namun secara keseluruhan, kegiatan PPL yang berlangsung di SMA Negeri 2 Magelang bisa berjalan dengan lancar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 08:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |