LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1 TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMAN

Wakhidah Nurhidayati, Wakhidah Nurhidayati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1 TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WAKHIDAH NURHIDAYATI_11108244063_7I.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di sekolah serta belajar dari sekolah sehingga terjadi timbal balik dalam berbagai bidang keilmuan antara mahasiswa dan sekolah. Adapun tujuan dari kegiatan PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub atau lembaga pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 adalah mengajar tematik yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa melakukan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru kelas, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas t inggi. Namun, kelas yang digunakan untuk mengajar yakni kelas 2, 3, 4, 5. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari 8 kali praktik mengajar terbimbing, 2 kali praktik mengajar mandiri dan 2 kali ujian praktik mengajar. SD Negeri Pakem 1 pada tahun ajaran 2014/2015 mulai menerapkan kurikulum 2013 sehingga pada kesempatan ini selain mahasiswa dapat menimba ilmu di sekolah, mahasiswa juga dapat berbagi ilmu kepada guru kelas mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Selain itu mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan kemampuan melakukan variasi langkah pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan pada RPP. Kegiatan PPL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Tujuan PPL, SD Negeri Pakem 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:52
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39398

Actions (login required)

View Item View Item