LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1 TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMAN

Nanik Haryati, Nanik Haryati (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SD NEGERI PAKEM 1 TEGALSARI PAKEMBINANGUN PAKEM SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NANIK HARYATI_11108244110_7E.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari kegiatan PPL adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan empat kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi pribadi serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dapat meningkatkan sepuluh keterampilan dasar mengajar yang dapat mendukung terbentuknya guru profesional. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 adalah mengajar tematik yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai 17 September 2014. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL yaitu mahasiswa melakukan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru kelas, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi, yakni kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Pembelajaran di kelas 1, 2, 4, dan 5 menggunakan kurikulum 2014. Sedangkan kelas 3 dan 6 menggunakan kurikulum KTSP 2006. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari 8 kali praktik mengajar terbimbing, 2 kali praktik mengajar mandiri dan 2 kali ujian praktik mengajar. SD N Pakem 1 pada tahun ajaran 2014/ 2015 mulai menerapkan kurikulum 2013, sehingga pada kesempatan ini selain mahasiswa dapat menimba ilmu di sekolah, mahasiswa juga dapat berbagi ilmu kepada guru kelas mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Selain itu mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mengelola kelas dan kemampuan melakukan variasi langkah pembelajaran apabila kondisi kelas tidak sesuai dengan yang direncanakan pada RPP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL, Kompetensi Guru, SD N Pakem 1
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39394

Actions (login required)

View Item View Item