LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 12 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta Tidar Sawe Magelang Jawa Tengah

Umi Sholihah, Umi Sholihah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 12 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta Tidar Sawe Magelang Jawa Tengah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I,II,III.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan Merupakan salah satu mata kuliah lapangan dimana mahasiswa bisa menerapkan ilmu dan teori mengajar yang telah didapatkan di bangku kuliah ke lapangan, yaitu sekolah. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa sebagai calon pendidik yang telah dipersiapkan oleh universitas sebagai pendidik professional yang memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi social, kompetensi, dan kompetensi professional. Kegiatan PPL yang utama adalah praktik mengajar dengan diawali dengan kegiatan pra-PPL yaitu observasi sekolah dan kelas sebagai persiapan intuk mnegtahui kondisi dan lingkungan sekolah sebelum diaksanakannya PPL. Selain mengajar, praktikan juga harus mempersiapkan segala administrasi mengajar seperti Silabus, RPP, Prota, Promes, dan Rincian Waktu. Kegiatan PPL dilaksanakan selama kurang lebih 2,5 bulan dimulai sejak tanggal 2 Juli-17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP Negeri 12 Magelang yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, Magelang ini telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Dalam melaksanakan PPL yaitu praktik mengajar praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 23 kali dengan ulangan harian satu kali kali. Kegiatn ini memberikan banyak manfaat kepada praktikan karena melalui praktik mengajar, praktikan dapat langsng berhadapan dengan siswa dan segala suasana belajar mengajar di kelas. Hal ini merupakan ajang pengaplikasian teori dan segala ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah. Berbagai hambatan yang dihadapi diantaranya datang dari siswa, mahasiswa paktikan sendiri, dan penyesuaian terhadap kurikulum baru. Hal ini disebabkan karena mahasiswa praktikan masih dalam taraf belajar menjadi seorang pendidik yang professional. Penguasaan kelas masih perlu sitingkatkan mengingat peran seorang guru sangatlah penting terutama dalam menciptakan suasana yang nyaman dalam belajar. Berbagai hambatan dapat dikurangi dengan adanya komunikasi yang baik antara praktikan, guru pamong, serta dosen pembimbing. Persiapan, pelaksanaan, analisis hasil, serta evaluasi kegiatan PPL selanjutnya akan dibahas dalam laporan ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:42
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39371

Actions (login required)

View Item View Item