LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 12 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta, Tidar Sawe, Kota Magelang, Jawa Tengah

Dina Dekanesia, Dina Dekanesia (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: SMP NEGERI 12 MAGELANG Jalan Soekarno-Hatta, Tidar Sawe, Kota Magelang, Jawa Tengah. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL DINA DEKANESIA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib dari Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran dan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, menghadapi, dan mengatasi permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan serta menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki selama perkuliahan ke dalam kehidupan nyata.Tujuan utama dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinyasehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan kompetensinya di masa yang akan datangdalam kaitannya sebagai tenaga pendidik. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada semester khusus yang dimulai tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Pelaksanaan kegiatan di SMP Negeri 12 Magelangyang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, Magelangini telah terkoordinir dengan baik antara mahasiswa, guru, sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan sehingga pelaksanaan praktik mengajar dapat berlangsung dengan baik dan lancar.Dalam melaksanakan PPL yaitu praktik mengajar praktikan telah melakukan praktik mengajar sebanyak 21 kali dengan satu kali ulangan harian di setiap kelasnya. Sebelum praktik mengajar, praktikan harus membuat Perangkat Pembelajaran yaitu menyiapkan materi, membuat media pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta mempelajari materi yang akan diajarkan kepada siswa. Hambatan yang dirasakan paling sulit diatasi adalah menghadapi siswa yang ramai dan tidak memperhatikan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu, praktikan selalu berusaha mengingatkan siswa yang ramai dan berusaha menarik perhatian siswa dengan metode mengajar dan materi yang lebih menarik bagi siswa misalnya dengan pemberian motivasi dan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah dengan mengadakan ujian perform untuk speakingdan ujian tulis.Praktikan juga mengadakan refleksi proses pembelajaran dengan menganalisis kelemahan dan menemukan solusi yang selalu ditulis pada buku refleksi.Kegiatan PPL ini memberikan pemahaman kepada praktikan bahwa menjadi seorang guru/tenaga pendidik itu tidaklah mudah karena banyak hal-hal yang harus dipelajari untuk menjadi guru yang profesional. Praktikan kini lebih menyadari pentingnya profesi seorang guru dan betapa besarnya jasa guruguru dalam membimbing siswanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39363

Actions (login required)

View Item View Item