LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Mariyah Ulfah, Mariyah Ulfah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL 11111244016 Mariyah Ulfah.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Setiap mahasiswa yang menempuh program studi kependidikan wajib melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dimaksudkan agar mahasiswa sebagai calon guru mampu mengembangkan semua potensinya, misalnya: kemampuannya dalam pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran, membuat media pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, dan melaksanakan proses pembelajaran itu sendiri serta mengembangkan seluruh kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini pula mahasiswa dapat melihat fenomena yang ada di lapangan, kemudian mahasiswa dapat membandingkannya dengan teori yang dipelajari diperkuliahan. Sebelum melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), mahasiswa harus menempuh praktik pembelajaran micro dan real pupil teaching. Praktik pembelajaran mikro ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan kreativitas dalam mengajar. Mahasiswa melakukan praktik pembelajaran micro rata – rata 4 kali. Kemudian real pupil teaching adalah kegiatan yang dimaksudkan agar mahasiswa memperoleh pengalaman nyata dalam mengajar anak usia dini sebelum praktik pengalaman lapangan. Kegiatan real pupil ini dilakukan 2 kali, yaitu mencoba mengajar Taman Kanak – Kanak kelas A dan kelas B. Apabila kedua kegiatan tersebut sudah tuntas atau lulus, maka mahasiswa baru boleh ikut kegiatan praktik pengalaman lapangan. Praktik pengalaman lapangan ini dilaksanakan  2,5 bulan, yaitu dari tanggal 02 Juli 2014 sampai dengan 19 September 2014. Sekolah yang digunakan untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah sekolah yang telah bekerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Taman Kanak – Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Plus Al Firdaus yang terletak di Mancasan, Pandowoharjo, Sleman. Sekolah ini memiliki 6 orang guru dan seorang kepala sekolah yang semuanya berlatar pendidikan PAUD. Jadi, selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami banyak mendapatkan bimbingan dari sekolah serta dapat mengembangkan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan 10 kali secara mandiri dan ujian praktik pengalaman lapangan 2 kali. Sebelum melaksanakan praktek mengajar dikelas, mahasiswa membuat rencana kegiatan harian (RKH). Selain itu, mahasiswa juga membuat media pembelajaran agar anak lebih tertarik untuk belajar. Dalam kegitan pembelajaran, mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan. Selain itu, mahasiswa yang praktik mengajar juga ditemani oleh temannya sendiri yang berperan sebagi guru pendamping. Evaluasi yang diberikan oleh setiap guru pun meningkatkan kompetensi mahasiswa baik dalam persiapan mengajar, mengajar, maupun penilaian terhadap peserta didik. Seluruh rangkaian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik vii karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), pembelajaran micro, real pupil teaching, TK ABA Plus AL Firdaus.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39357

Actions (login required)

View Item View Item