LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Astriyani Nur Fadilah, Astriyani Nur Fadilah (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL ASTRIYANI NUR FADHILAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu misi Universitas Negeri Yogyakarta adalah menyelenggarakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang mendorong pengembangan potensi manusia, masyarakat, dan alam untuk mewujudkan kesejahteraan. Misi tersebut dapat dilakukan salah satunya melalui kegiatan PPL, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menemukan permasalahan lembaga baik yang terkait dengan proses pendidikan dan pembelajaran maupun kegiatan pembangunan masyarakat serta meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di lembaga PAUD dan masyarakat. PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu program atau kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa calon guru. Sasaran kegiatan PPL adalah masyarakat sekolah dan masyarakat luar sekolah, baik kegiatan akademis dan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung proses pembelajaran. PPL dilakukan agar mahasiswa calon guru mendapatkan pengalaman proses pembelajaran akademis maupun non akademis di lapangan. Pengalaman tersebut dapat berupa pengalaman mengajar, pengalaman berinteraksi dengan peserta didik baik dalam kapasitas pembelajaran maupun kapasitas pembentukan karakter, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi terutama kompetensi social dan kepribadian, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dedikasi, dan kemampuan memecahkan masalah nyata di lapangan. Mahasiswa diterjunkan ke sekolah untuk jangka waktu kurang lebih 2,5 bulan, yang selanjutnya secara bertahap dan berkesinambungan untuk dapat mengenal, mengamati, dan mempraktikkan semua kompetensi yang diperlukan bagi seorang calon guru Pendidikan Anak Usia Dini. Sekolah tempat mahasiswa melakukan PPL adalah sekolah hasil pencarian mahasiswa sendiri. Mahasiswa melakukan survey ke beberapa TK yang memenuhi criteria yang telah ditentukan oleh pihak Prodi. Kriteria tersebut antara lain berkaitan dengan jumlah pendidik yang sudah sarjana, letak sekolah yang tidak dilalui jalur kendaraan umum, dan 6 jumlah kelas minimal dua. Setelah menemukan TK yang sesuai criteria, mahasiswa menyerahkan nama TK yang selanjutnya TK tersebut akan disurvey oleh pihak prodi untuk disetujui atau tidak. TK Aba Plus Al-Firdaus memiliki 7 tenaga pendidik. TK Aba Plus Al-Firdaus didukung oleh kelengkapan fasilitas sehingga dapat memperlancar kegiatan belajar-mengajar yang akan dilakukan. Mahasiswa mendapatkan bimbingan dari sekolah dengan baik serta diberikan kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan mendapatkan banyak pengalaman selama kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan selama 17 kali, 5 kali dilakukan secara terbimbing, 10 kali secara mandiri, dan ujian PPL dilaksanakan selama 2 kali. Sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan, mahasiswa membuat Rencana Kegiatan Harian dan dikonsultasikan ke guru. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan situasi dan kondisi. Selain itu hal ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan masukan-masukan demi kelancaran kegiatan pembelajaran. Dalam kegitan pembelajaran mahasiswa dipantau secara langsung oleh guru kelas dan mendapatkan bimbingan bila diperlukan. Seluruh rangkaian kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik karena dukungan dan bimbingan serta kerjasama yang baik antara mahasiswa dan sekolah serta adanya evaluasi setelah PPL yang diberikan guru kelas terhadap mahasiswa PPL sehingga mahasiswa PPL mendapatkan saran dan perbaikan untuk kegiatan selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39352

Actions (login required)

View Item View Item