LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Budi Susilaningsih, Budi Susilaningsih (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2014 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PLUS AL FIRDAUS Mancasan, Pandowoharjo, Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER PPL BUDI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEMBAHASAN PPL BUDI AKHIR.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan dan penyelenggaraan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan agar mahasiswa memeiliki pengalaman nyata tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di Taman Kanak-kanak (TK), yang kemudian dapat dipakai sebagai bekal untuk pengetahuan, keterampilan yang diperlukan dalam profesinya. Khususnya yang berkenaan dengan empat kompetensi guru yakni: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 02 Juli 2014 sampai dengan 19 September 2014. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh Mahasiswa PPL adalah observasi secara fisik dan non fisik. Kegiatan ini meliputi pengamatan langsung terhadap keadaan fisik sekolah seperti pengamatan terhadap ruang kelas, kantor guru, perpustakaan serta ruang lain yang mendukung kegiatan yang berlangsung di TK ABA Plus Al Firdaus. Selain pengamatan fisik Mahasiswa PPL juga melaksanakan pengamatan non fisik yang meliputi kegiatan pembelajaran dalam kelas serta kegiatan ekstrakurikuler yang difasilitasi oleh TK ABA Plus Al Firdaus seperti Drumband dan renang. Dari hasil pengamatan pelaksaan pembelajaran di dalam kelas di TK ABA Plus Al Firdaus maka mahasiswa mendapatkan banyak sekali informasi tentang bagaimana cara guru menyampaikan pembelajaran, bagaimana guru memaksiomalkan anak dalam belajar serta meliputi cara guru mengendalikan kelas dengan berbagai macam karakteristik anak. Dari observasi ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa PPL dalam Praktik Pembelajaran. Dalam kegiatan PPL memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, keterampilan yang didapat dari bangku kuliah. Pada pada dasarnya PPL yang dilakukan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu persiapan, prektek terbimbing, praktek mandiri, dan juga mengikuti berbagai kegiatan persekolahan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini di harapkan agar mahasiswa mampu menghayati, mempraktekan, dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan bagi calon guru kelas, serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagai pengajar dan pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39345

Actions (login required)

View Item View Item