LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK 45 WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014

Yudan Ana Putra, Yudan Ana Putra (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK 45 WONOSARI 2 JULI - 17 SEPTEMBER 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_YUDAN ANA PUTRA.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pendidikan Profesi Guru, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Penjas, Evaluasi Pembelajaran Penjas, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktikan melaksanakan PPL adalah di SMK 45 Wonosari yang beralamatkan di Jl. KH. Agus salim Wonosari Gunungkidul 55801. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 03 Juli s.d. 18 September 2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut.Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XI dan XII dengan Mata Pelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan rencana alokasi waktu adalah rencana alokasi waktu adalah 30 Jam dengan masing-masing jamnya adalah sebanyak 45 menit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum 2013. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan diskusi dan demonstrasi. Sedangkan media yang digunakan adalah lapangan, cone, bola, dan net. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas XI Otomotif 1, XI Otomotif 2, XI Otomotif 3, XI TKJ, XII Arsitektur dan Audio Video, XII Otomotif 1, XII Otomotif 2, XII TKJ. Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 10 kali tatap muka. Materi Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. Alokasi waktu untuk materi pokok tiap pertemuannya adalah 3 x 45 menit. Pada pelaksanaan PPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran. Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2016 01:01
Last Modified: 01 Oct 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39343

Actions (login required)

View Item View Item