LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PPL) SMK 45 WONOSARI

Lukman Sepfudin, Lukman Sepfudin (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PPL) SMK 45 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_LUKMAN SPFUDIN_11601244110.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan atau menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidikan tersebut, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar melalui mata kuliah Pendidikan Profesi Guru, Psikologi Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Metodologi Pembelajaran Penjas, Evaluasi Pembelajaran Penjas, Pengajaran Mikro, dan PPL. PPL adalah kegiatan latihan kependidikan yang bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai tenaga kependidikan yang professional sesuai dengan tugas dan misi universitas. Lokasi praktikan melaksanakan PPL adalah di SMK 45 Wonosari yang beralamatkan di Jl. Alun-alun Barat, Wonosari, Kepek, Gunungkidul, 55813. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Selain itu praktik mengajar juga bertujuan untuk menciptakan calon-calon pendidik yang profesional sesuai dengan bidangnya. Praktik mengajar berperan dalam memberi bekal bagi penulis dalam dunia pendidikan pada umumnya dan sebagai guru pada khususnya. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 02 Juli s.d. 17 September2014. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X Otomotif,Ototronik,Arsitek dan TKJ dengan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan dengan rencana alokasi waktu adalah rencana alokasi waktu adalah 30 Jam dengan masing-masing jamnya adalah sebanyak 45 menit. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP) sesuai dengan format kurikulum 2013. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan diskusi dan demonstrasi. Sedangkan media yang digunakan adalah lapangan, cone, bola, net dan rompi pembeda. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas X Otomotif,Ototronik,Arsitek dan TKJ . Dari waktu yang diberikan praktikan dapat mengajar sebanyak 20 kali tatap muka. Materi Pelajaran yang dapat diajarkan adalah Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan. Adapun materi pokok yang diampu pada kelas X Otomotif,Ototronik,Arsitek dan TKJ pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga dan Kesehatan adalah Permainan bola besar, permainan bola kecil,Atletik,Kebugaran Jasmani,senam ritmik. Materi Pokok yang diampu pada materi pembelajaran permainan bola besar adalah Permainan sepak bola, Futsal, Permainan bola basket, Permainan bola voli. Permainan bola kecil meliputi Bulutangkis, Atletik Meliputi lari menggunakan start jongkok, lari menggunakan viii start berdiri, kebugaran jasmani meliputi latihan daya tahan otot jantung dan paru, Senam ritmik meliputi rangkaian gerak senam ritmik. Alokasi waktu untuk materi pokok tiap pertemuannya adalah 3 x 45 menit. Pada pelaksanaan PPL praktikan juga mendapat kesempatan untuk belajar membuat perangkat pembelajaran. Praktikan merasa bahwa dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini mendapat banyak pengalaman tentang dunia kependidikan secara lebih dekat. Program kerja yang dirancang pada awal kegiatan PPL dapat dilaksanakan dengan lancar. Secara garis besar, kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari observasi, pembuatan administrasi mengajar, Rencana Pokok Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga evaluasi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada masih dalam taraf wajar, yang diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan. Adapun saran dari penyusunan agar dari pihak sekolah lebih mengembangkan fasilitas yang bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan, sehingga untuk mahasiswa angkatan selanjutnya dapat memahami dan lebih rajin mempelajari tentang ilmu-ilmu kependidikan supaya kegiatan PPL untuk tahun berikutnya berlangsung lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:54
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39327

Actions (login required)

View Item View Item