LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) LOKASI E009 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK, SLEMAN

Tanti Sekar Ratri, Tanti Sekar Ratri (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) LOKASI E009 SMA NEGERI 1 NGEMPLAK, SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul-Daftar Lampiran.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1-3.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan SMA Negeri 1 Ngemplak beralamatkan di Cokrogaten, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi; meningkatkan potensi, bakat, dan minat peserta didik yang berguna untuk menunjang proses belajar mengajar; membantu meningkatkan kondisi sekolah yang mendukung proses belajar mengajar; mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media pembelajaran, pendampingan praktikum dan pendampingan bimbingan belajar. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktek mengajar, dan analisis hasil. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai kondisi dan potensi peserta didik, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Ngemplak. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2014. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 6 Agustus sampai 17 September 2014. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar 22 kali pertemuan dengan total 44 jam pelajaran. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengajar kelas X MIA 1 , X MIA 2, X IIS 1, X IIS 2, XI MIA 1, XI MIA 2, XII IPS 1, dan XII IPS 2 dengan jumlah jam pelajaran masing-masing kelas adalah sebagai berikut; X MIA 1 mendapat 4 jam pelajaran, X MIA 2 mendapat 2 jam pelajaran, X IIS 1 mendapat 4 jam pelajaran, X IIS 2 mendapat 2 jam pelajaran, XI MIA 1 mendapat 6 jam pelajaran, XI MIA 2 mendapat 10 jam pelajaran, XII IPS 1 mendapat 8 jam pelajaran, dan XII IPS 2 mendapat 8 jam pelajaran. Adapun program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) penyusunan agenda pembelajaran; 2) pembuatan RPP; 3)praktik mengajar; 4)konsultasi dengan guru pembimbing; 5)pengadaan media wayang; 6) pengadaan buku penunjang materi; 7) pembuatan CD kumpulan media pembelajaran; 8) pembuatan soal dan penilaian tugas; 9) pencarian bahan mengajar; 10)penyusunan laporan individu, serta 11) administrasi sekolah. Selama menjalankan praktik langsung di sekolah, mahasiswa mendapatkan banyak pelajaran yang akan sangat berguna pada suatu saat nanti ketika terjun di masyarakat pada umumnya dan sekolah pada khususnya, dalam hal ini adalah mengenai perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:13
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39281

Actions (login required)

View Item View Item