Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Inklusi di SD Tumbuh Yogyakarta

Artantri, Jovita Vina Pudhi (2011) Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Matematika untuk Siswa Inklusi di SD Tumbuh Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jovita-vina-pudhi-artantri-09703254020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kelas dalam pembelajaran Matematika untuk siswa inklusi atau siswa berkebutuhan khusus di SD Tumbuh Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang merupakan studi kasus terhadap manajemen kelas bagi siswa inklusi atau siswa berkebutuhan khusus di SD Tumbuh Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah Kepala SD Tumbuh Yogyakarta dan Wakil Kepala SD Tumbuh Yogyakarta, guru Matematika, GPK, dan pengelola Yayasan Edukasi Anak Nusantara. Objek penelitian adalah manajemen kelas yang dilaksanakan oleh guru matematika dan GPK. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa panduan observasi dan didukung oleh wawancara untuk melengkapi data dalam observasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber data dan auditing. Analisis data dilakukan selama penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru SD Tumbuh Yogyakarta dan dibantu GPK adalah pembuatan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), gambaran program, lembar kerja siswa, modul, analisis karakteristik kemampuan siswa, media/sumber belajar, soal evaluasi, soal remidi, soal pengayaan, dan alat peraga. Pengorganisasian yang dilakukan adalah dengan adanya pembagian tugas antara guru reguler dan GPK dalam pendampingan siswa berkebutuhan khusus; menciptakan hubungan emosional yang positif antar siswa dan guru; dan menciptakan hubungan interpersonal yang positif antar siswa dan guru. Bentuk pengorganisasian kelas yang dilakukan adalah menjalin hubungan baik dengan siswa, berusaha memahami latar belakang siswa, penguasaan materi dan cara penyajiannya menarik, penggunaan model mengajar yang bervariasi dan memberi pembinaan khusus bagi siswa bermasalah. Pelaksanaan pembelajaran bagi ABK menjadi lebih menyenangkan dengan menyiapkan materi sederhana dan pendampingan menyeluruh dari GPK untuk siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan pembelajaran dirancang dengan memperhatikan alur belajar yang sesuai dengan kompetensi kebutuhan siswa. Pengawasan atau pengontrolan yang dilakukan oleh guru-guru antara lain mencatat perkembangan kegiatan belajar siswa beserta pencapaian yang diperoleh siswa, evaluasi, dan tindakan koreksi. Peran GPK membantu kegiatan belajar mengajar guru dan mempersiapkan media khusus dan materi belajar siswa agar dapat belajar sesuai kompetensi siswa pada umumnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas, inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Guru Pendamping Khusus (GPK)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:22
Last Modified: 29 Jan 2019 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39277

Actions (login required)

View Item View Item