LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 2 Juli – 17 September 2014 SMK Negeri 1 Klaten

Ega Rezky Hastyarini, Ega Rezky Hastyarini (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEMESTER KHUSUS 2 Juli – 17 September 2014 SMK Negeri 1 Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
FE P.AKUNTANSI 11403244067 EGA REZKY HASTYARINI.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan untuk mengintergasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan sehingga target khusus yang merupakan target kompetensi program studi dapat tercapai. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat meningkatkan kualitas calon-calon guru supaya menjadi tenaga pendidik yang professional dalam mengahadpi dunia kerja. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mulai 02 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014, mahasiswa praktikan memperoleh tugas melaksanakan praktik mengajar di dalam kelas yang diampu oleh guru pembimbing yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman pengajaran pada kondisi lingkungan yang sesungguhnya.Lokasi mahasiswa praktikan melaksanakan PPL adalah di SMK Negeri 1 Klaten yang beralamatkan di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 22 Klaten Telp. (0272) 321266. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 15 mahasiswa dari 4 Program Studi, yaitu 2 Pendidikan Ekonomi, 3 Pendidikan Administrasi Perkantoran, 4 Pendidikan Teknik Informatika, dan 6 Pendidikan Akuntansi. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan mahasiswa praktikan meliputi praktik, mengajar, pembuatan materi ajar, pembuatan media, pembuatan RPP, dan pembuatan alat evaluasi. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 04 Agustus 2014 sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan praktik mengajar pertama kali masuk kelas yaitu pada hari Selasa tanggal 05 Agustus 2014 dimana praktikan melakukan perkenalan kepada peserta didik di kelas XI AK 2. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Perusahaan Dagang.Untuk Akuntansi Keuangan sub tema yang diajarkan yaitu Kas Kecil Sistem Dana Tetap, Kas Kecil Sistem Dana Tidak Tetap, Pemeriksaan Saldo Kas Kecil, dan Akuntansi Kas Bank. Sedangkan untuk mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang dengan sub tema Pengertian, Ruang lingkup operasi, dan Jenis Transaksi Perusahaan Dagang. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas individu ataupun kelompok. Media yang digunakan adalah lampiran tugas latihan, papan tulis, spidol, dan penghapus. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 1 Klaten telah terlaksana dengan baik dan banyak memberikan pengalaman kepada mahasiswa praktikan, Walaupun dalam pelaksaannya ada beberapa hambatan seperti, materi pelajaran yang masih kurang dipahami praktikan, kemampuan pengelolaan kelas yang kurang tegas, jadwal pelajaran yang diakhir jam pelajaran, peserta didik yang sulit diajak bekerjasama dengan praktikan, serta tuntutan kurikulum yang menggunakan scientific approach. Namun hal tersebut dapat diatasi oleh mahasiswa dengan cara memotivasi peserta didik yang aktif dan mau menjawab pertanyaan di depan kelas diberikan nilai tambahan, serta memvariasikan metode pembelajaran di kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2016 04:12
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39248

Actions (login required)

View Item View Item