Sholhan, Fatahuddin (2016) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) DI SMK N 2 SURAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.
|
Text
Sholhan Fatahuddin - 06518241008.pdf Download (29MB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PENERAPAN KONSEP DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA (PKDLE) DI SMK N 2 SURAKARTA ABSTRAK Penulis : Sholhan Fatahuddin/NIM : 06518241008 Pembimbing : Drs. Giri Wiyono, M.T/NIP : 19620806 198812 1 001 Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TAV-c SMK Negeri 2 Surakarta menggunakan metode quantum learning. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV-c SMK Negeri 2 surakarta dengan obyek penelitian adalah aspek sikap siswa, aspek ketrampilan siswa dalam praktikum dan aspek pengetahuan siswa dengan menggunakan pendekatan quantum learning. Pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri, dan sebagai kolaborator adalah dua orang guru pengampu mata pelajaran PKDLE. Data penelitian dikumpulkan melalui test, lembar pengamatan dan lembar penilaian praktek. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TAV-c di SMK Negeri 2 Surakarta dengan menerapkan konsep TANDUR, penataan ruang kelas, sikap positif yang merupakan bagian dari quantum learning. (2) Unsur-unsur dalam quantum learning yang diterapkan pada penelitian ini meliputi (a) Konsep TANDUR, (b) Pemanfaatan modalitas belajar untuk membantu siswa menyerap informasi yang disampaikan, (c) Sikap positif, (d) Penataan lingkungan belajar yang meliputi pengaturan meja kursi dan penggunaan musik barok sebagai iringan selama proses pembelajaran Kata kunci : Quantum Learning, prestasi belajar, penelitian tindakan kelas DI SMK N 2 SURAKARTA ABSTRAK Penulis : Sholhan Fatahuddin/NIM : 06518241008 Pembimbing : Drs. Giri Wiyono, M.T/NIP : 19620806 198812 1 001 Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TAV-c SMK Negeri 2 Surakarta menggunakan metode quantum learning. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TAV-c SMK Negeri 2 surakarta dengan obyek penelitian adalah aspek sikap siswa, aspek ketrampilan siswa dalam praktikum dan aspek pengetahuan siswa dengan menggunakan pendekatan quantum learning. Pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri, dan sebagai kolaborator adalah dua orang guru pengampu mata pelajaran PKDLE. Data penelitian dikumpulkan melalui test, lembar pengamatan dan lembar penilaian praktek. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TAV-c di SMK Negeri 2 Surakarta dengan menerapkan konsep TANDUR, penataan ruang kelas, sikap positif yang merupakan bagian dari quantum learning. (2) Unsur-unsur dalam quantum learning yang diterapkan pada penelitian ini meliputi (a) Konsep TANDUR, (b) Pemanfaatan modalitas belajar untuk membantu siswa menyerap informasi yang disampaikan, (c) Sikap positif, (d) Penataan lingkungan belajar yang meliputi pengaturan meja kursi dan penggunaan musik barok sebagai iringan selama proses pembelajaran Kata kunci : Quantum Learning, prestasi belajar, penelitian tindakan kelas
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 10:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39224 |
Actions (login required)
View Item |