TINGKAT KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONOSARI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015

Dedy Kurniawan W.E.N (2016) TINGKAT KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BONOSARI KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
HAL AWAL DEDY.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1_3 DEDY.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV DAN V DEDY WEN.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN DEDY WEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan keterampilan dan tingkat akurasi dalam melakukan short pass dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen masih adanya berbagai hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan short pass dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V di SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei yang pengambilan datanya dilakukan dengan tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V di SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 25 siswa terdiri atas 19 siswa putra dan 6 siswa putri. Data pada penelitian ini diambil dari tes short pass pada permainan sepakbola dengan mengikuti Petunjuk Pelaksanaan Tes Keterampilan Sepakbola Usia 10-12 Tahun yang dikeluarkan oleh Pusat Pengembangan Jasmani Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009. Intrumen tes ini mempunyai validitas 0,66 dan reliabilitas 0,69. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan short pass yang termasuk dalam kategori baik sekali sebesar 8% (2 siswa), kategori baik sebesar 64% (16 siswa), kategori sedang sebesar 28% (7 siswa), dan tidak ada yang termasuk kategori kurang dan kurang sekali. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat keterampilan short pass dalam permainan sepakbola pada siswa kelas V di SD Negeri Bonosari, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen termasuk dalam ketegori baik. Sebab kategori baik menduduki persentase tertinggi yaitu sebesar 64% (16 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan short pass, permainan sepakbola, siswa kelas V SD Negeri Bonosari
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Aug 2016 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 10:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39173

Actions (login required)

View Item View Item